MHQ KE III DAYAH AL ATHIYAH ACEH BESAR
Spread the love

Dayah Al Athiyah merupakan salah satu pondok pesantren tahfidz yang tertua di kabupaten Aceh Besar yang beralamat di jalan Banda Aceh Medan KM 61 Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah. Dayah ini mulai beraktifitas sejak tahun 2007 dengan kurikulum unggulannya adalah Tahfidz Al Qur’an selain materi kitab kuning dan juga pendidikan formal setingkat SMP yang langsung dibawah naungan dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Besar. Sampai dengan saat ini sudah banyak alumni dayah Al Athiyah yang khatam hafalan 30 juz.

Salah satu program untuk memperkuat hafalan santri adalah dengan kegiatan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) yang diadakan pada triwulan pertama setiap tahun ajaran. Semua santri wajib mengikuti kegiatan tersebut, mereka dibagikan berdasarkan jumlah hafalannya masing-masing. Kategori jumlah juz yang diperlombakan adalah kategori 1 juz, 3 juz, 5 juz dan kategori 10 juz. Pemenang yang diambil perkategori adalah juara 1 sampai dengan juara harapan 3, hal ini dilakukan supaya menambah semangat untuk memperlancar menambah hafalan bagi santri yang belum mendapat hasil pada setiap lomba MHQ.

MHQ tahun 2019 merupakan perlombaan MHQ diinternal Dayah Al Athiyah yang dilaksanakan mulai 14-19 oktober 2019. Ustadz Asrul Nazar Al Hafidz selaku ketua panitia pelaksana dalam kata sambutannya meminta kepada semua santri untuk menjadi lomba MHQ tahun ini sebagai ajang untuk memotivasi diri dalam memperkuat hafalan serta ajang tes mental untuk persiapan MHQ yang dilaksanakan diluar Al Athiyah, baik oleh lembaga non formal maupu MHQ tahunan yang dilaksanakan pemerintah.

Alhamdulillah mendapat respon yang sangat positif dan apresiasi dari pemerintah kecamatan Lembah Seulawah yang langsung disampaikan oleh Bapak Camat Lembah Seulawah pada saat memberikan kata sambutan pada malam penutupan dan pengumuman pemenang MHQ tanggal 19 Oktober 2019 dilapangan Dayah Al Athiyah Aceh Besar.