Penyebab Santri Dayah Al-'Athiyah Mudah Menghafal Al-Qur'an (Bagian 1)
Spread the love
Penyebab Santri Al Athiyah Mudah Menghafal Al-Qur’an(1)
Setiap orang tentu ingin menjadi penghafal Qur’an. Karena menjadi penghafal Qur’an banyak sekali keutamaan yang didapatkan oleh penghafalnya. Mulai dari balasan pahala yang besar dan tentunya juga bisa membuat si penghafal lebih cerdas diatas rata-rata dibandingkan dengan orang yang engganmenghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an secara ilmiah dapat menigkatkan kecerdasan si penghafal. Hal ini karena si penghafal menggunakan hampir semua indra-nya saat menghafalkan Al-Qur’an. So, ayo saatnya kita gunakan usia muda untuk menghafal Al-Qur’an.
Bagi santri Dayah Al-‘Athiyah Tahfizh Al-Qur’an, kegiatan menghafal bukanlah sesuatu yang asing, sebab hari-hari yang mereka lalui di Pondok didominasi dengan kegiatan menghafal. Mulai dari pagi, sore hingga malam hari mereka habiskan waktu untuk menghafal Al-Qur’an.  Bahkan, jam istirahat siang pun ada santri yang memanfaatkannya untuk menambah hafalan baru yang akan disetorkan saat jam tahfizh sore harinya.
Menurut Ustadz Nasrun pengasuh tahfizh putra. Santri yang Mondok di Dayah sebenarnya bisa menyelesaikan setoran hafalannya dua tahun. “ sebenarnya, dua tahun sudah bisa khatam setoran hafalannya. Ucap Nasrun. Sehingga ditahun ketiga sudah bisa ikut program mutqin.
Diantara yang menyebabkan para santri Dayah Al-‘Athiyah  bisa selesai hafalannya lebih cepat adalah karena mereka menghafal secara TERJADWALdan RUTIN. Berikut adalah jadwal menghafal santri Dayah Al-‘Athiyah
1.       Jam 05.00-07.00 : Shalat subuh, Al Masturat dan Tahfizh
2.       15.30-18.00          `               : Shalat Ashar, Al Masturat dan Tahfizh
3.       19.00-20.00                          : Shalat Maghrib, Dzikir selesai Shalat, Tahfizh
4.       20.00-21.00                          : Shalat Isya, Dzikir selesai shalat dan Tahfizh.
Siapapun bisa menjadi Hafidz Al-Qur’an, karena setiap kita diberikan waktu yang sama dalam sehari semalam yaitu, 24 jam. So, awali dengan niat yang lurus karena Allah untuk menghafalkanya. Sehingga Allah bukakan jalan kemudahan untuk kita dalam menghafal Al-Qur’an. Amiin.