SYARAT BOLEH MENGHAFAL BAGI SANTRI KELAS 7 DAYAH AL ATHIYAH SEULAWAH
Spread the love

(Aceh Besar, 09 September 2020); Dayah Al Athiyah Tahfizh Al Qur’an yang beralamat di jl. Banda Aceh Medan, KM. 61 Cinta Alam Desa Lamtamot, Kec. Lembah Seulawah, Kab. Aceh Besar merupakan salah satu pondok pesantren dengan kurikulum utamanya Tahfizh Al Qur’an. Dayah ini berdiri sejak Juli 2007 silam telah banyak melahirkan alumni-alumni yang hafal 30 juz sejak usia SMP. Peserta didik yang mondok di Dayah Al Athiyah berasal dari berbagai daerah di Aceh dan Sumut.

Proses pelaksanaan pembelajaran tahfizh di Dayah Al Athiyah di awali dengan pembelajaran tahsin selama 1 bulan pertama bagi santri kelas 7, kemudian para santri diuji tentang pemahaman ilmu tajwid dan kefasihan pengucapan setiap makharijul dan sifatul huruf oleh dewan guru. Santri-santri yang lulus ujian tahsin dibenarkan untuk melanjutkan ke program selanjutnya yaitu proses menghafal ayat-ayat suci Al Qur’an, sedangkan bagi santri yang belum lulus dari ujian tahsin, mereka wajib mengikuti ulang proses pembelajaran tahsin selanjutnya dan tidak dibenarkan untuk menghafal sampai mereka lulus ujian tahsin yang berikutnya.

Selama proses pembelajaran menghafal bagi santri kelas 7 yang telah lulus ujian tahsin dan santri kelas 8 serta kelas 9 pembinaan terhadap tahsin tetap terus dilakukan oleh para pengajar. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas tahfizh para santri Dayah Al Athiyah Seulawah.