Dayah Al-‘Athiyah Tahfizh Al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan khusus tahfizh Al-Qur’an (menghafal Al-Qur’an) pada tingkat sekolah menengah pertama. Lokasinya yang asri dan sejuk di lingkungan lembah pegunungan Seulawah menjadikan daerah tersebut sangat kondusif bagi santri untuk menghafal Al-Qur’an.
Berdasarkan visi dan misinya untuk melahirkan kader-kader huffazh yang cerdas menuju peradaban Aceh yang Islami melalui pendidikan dayah, maka sejak berdiri pada tahun 2007 hingga saat ini Dayah Al-‘Athiyah Tahfizh Al- Qur’an telah mampu melahirkan  orang penghafal Al-Qur’an 30 juz dengan prestasi sekolah yang juga membanggakan baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional
Adapun maksud dan tujuan di dirikannya lembaga pendidikan Dayah Al- ‘Athiyah Tahfizh Al-Qur’an ini adalah.

  1. Menjadikan sebuah pesantren tahfizh al-Qur’an bagi usia remaja.
  2. Berperan aktif meningkatkan mutu pendidikan dengan menjadikan lembaga pendidikan ini sebagai sekolah percontohan.
  3. Menghasilkan lulusan unggul dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan IMTAQ (Iman dan Taqwa) serta Hafizh Al-Qur’an.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki inovasi, kreatifitas dan mampu berkompetisi dalam segala aktifitas kehidupan.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki akhlak mulia dan kemandirian hidup.

Kegiatan pendidikan di dayah ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu

  1. Pendidikan Dayah Tahfizh Al-Quran

Merupakan kegiatan utama dari dayah. Kegiatan ini bertujuan mempersiapkan santri untuk menjadi hafizh al-Qur’an sejak dini yang dibimbing oleh pengajar (ustadz/ustadzah) yang telah memiliki hafalan 30 juz secara sempurna.

  1. Pendidikan formal berupa SMP Plus Al-Athiyah

Kegiatan ini memfokuskan pada pendidikan formal agar diperoleh lulusan yang mampu bersaing dan berprestasi. Kegiatan ini diasuh oleh guru-guru yang telah mempunyai pengalaman dibidangnya.