Spread the love

Kita Ummat Islam adalah ummat pilihan. Allah menyebutkan didalam Al-Qur’an, “ Kamu adalah ummmat terbaik yang menyerukan manusia pada kebaikan dan mencegahnya dari kemungkaran..”. kita ummat islam adalah ummat terbaik yang dengan segenap kemampuan kita korbankan untuk kejayaan dinullah.

Sejarah telah mencatat, peradaban ummat muslim jauh lebih panjang daripada rezim/kekuasaaan yang ditorehkan oleh ummat-ummat kafir. Namun, kita saat ini tidak bisa memungkiri. Setelah tumbangnya kekhalifahan Turki Utsmani ummat islam tercerai berai seperti anak ayam yang kehilanagn induknya. Ummat ini akan bangkit kembali mencapai kejayaannya. Namun, Bagaimana caranya?
Imam Malik Rahimahullah pernah mengatakan:
لاَيَصْلُحُ آخِرُ هَذِهِ اْلأُمَّةِ إِلاَّ بِمَا صَلُحَ بِهِ أَوَّلهُ
 “Generasi akhir ummat ini tidak akan baik kecuali dengan (menempuh metode) yang telah menjadikan baik generasi pendahulunya.”
Rahasia utama kejayaan dan kemuliaan umat terdahulu adalah karena mereka berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasululullah Shallallhu alihi wa Sallam.
Selanjut, agar ummat ini kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahualaihi wa sallam adalah melalui tarbiyah Islamiyyah.
Tarbiyah Islamiyah adalah metode untuk mengembalikan ummat agar berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasululullah Shallallhu alihi wa Sallam.Dengan demikian Tarbiyah Islamiyah memiliki urgensi dan peranan yang sangat sentral untuk kembalinya kejayaan Islam dan umat Islam.