PTS GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019-2020 SMP PLUS AL ATHIYAH BERBASIS KOMPUTER
Spread the love

Tanpa terasa proses pembelajaran bagi peserta didik disemua sekolah sudah berjalan tiga bulan kurang lebih. Tentu sudah saatnya bagi para pserta didik untuk mengikuti proses penilian tengah semester (PTS) untuk semester ganjil di tahun 2019-2020. Pelaksanaan PTS di SMP Plus Al Athiyah tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dimana proses PTS dilaksanakan untuk semua kelas berbasis komputer dengan menggunakan sistim E-Learning. Bagi siswa kelas IX pelaksanaan Ujian dilaksanakan di ruang Labkom SMP Plus Al Athiyah dengan cara peserta didik dibagi ke dalam dua sesi, sedangkan bagi peserta didik kelas VII dan VIII ujian dilaksanakan dengan meggunakan iPad masing-masing peserta didik.

PTS yang dilaksanakan di SMP Plus Al Athiyah dimulai tanggal 7 s.d 12 Oktober 2019. Alhamdulillah pelaksanaan PTS dihari pertama hari ini berjalan lancar sesuai dengan harapan para panitia pelaksana dan dewan guru. Pelaksanaan PTS berbasis komputer sangat disenangi oleh semua pihak terutama para dewan guru SMP Plus Al Athiyah. Hal ini dikarenakan semua jawaban peserta didik tidak harus dikoreksi manual oleh guru bidang studi, karena semua sudah terproses otomatis oleh sistim E-Learning. Guru bidang studi hanya mencetak hasil jawaban siswa lengkap dengan nilai serta hasil analisis tingkat kesulitan soal dan analisis tingkat ketercapai Kompetensi Dasar (KD) yang telah diajar sebelumnya.

Kesenangan yang nampak pada diri peserta didik adalah mereka bisa lebih santai dan enjoi selama proses ujian berlangsung, dimana mereka tidak diganggu oleh teman sebelahnya. Hal ini disebabkan oleh penomoran soal yang berbeda-beda diantara peserta didik, bahkan pilihan jawaban soal pilihan ganda juga tersusun secara ajak diantara mereka. Sehingga akan sangat sukar bagi peserta didik untuk berdiskusi dengan teman sampingnya.

Hal yang diharapkan dari pelaksanaan PTS berbasis komputer ini terutama bagi siswa kelas IX adalah supaya mereka tidak grogi pada saat UN nantinya dibulan April 2020. Karena mereka sudah terbiasa menjawab soal dengan menggunakan komputer.