Penilaian Akhir Semester Ganjil SMP Plus Al Athiyah Tahun 2020 Berstandar AKM
Spread the love

(Aceh Besar, 5 Desember 2020): Salah satu tujuan pendidikan nasional berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kemudian pendidikan nasional di ramu ke dalam delapan standar nasional pendidikan (SNP). SNP berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Salah satu dari delapan standar nasional pendidikan adalah stadar penilaian pendidikan yang wajib dilakukan oleh satuan atau penyelenggara pendidikan. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan, dan Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Berpedoman pada tujuan pendidikan nasional dan standar nasional pendidikan, SMP Plus Al Athiyah yang merupakan salah satu satuan atau penyelenggara pendidikan yang berdomisili di Aceh Besar  akan melaksanakan proses penilaian akhir semester ganjil untuk tahun pelajaran 2020-2021 yang dimulai pada tanggal 7 sampai dengan 11 Desember 2020 mendatang.

Proses pelaksanaan penilaian akhir semester yang akan dilaksanakan berbasis e-Learning dengan standar soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), dimana soal-soal ujian dirancang dan disusun sendiri oleh dewan guru SMP Plus Al Athiyah dibawah koordinator waka kurikulum SMP Plus Al Athiyah, Yundari Azmi, S.Pd. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dalam mendukung program merdeka belajar dari kemdikbud dan sebagai media untuk melatih guru-guru mapel dalam merumuskan soal-soal yang HOTS yang sesuai dengan standar soal AKM.